Kamis, 18 Juni 2020

PT KP PRESS | 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi



PT KP PRESS SURABAYA - Dalam Live Science, Paige Smathers seorang ahli diet terdaftar yang berbasis di Utah mengatakan bahwa karbohidrat adalah makronutrien. Karbohidrat adalah salah satu dari tiga cara utama tubuh memperoleh energi atau kalori.

Karbohidrat yang dikonsumsi sehari-hari bisa mendatangkan energi bagi tubuh. Karbohidrat menyediakan bahan bakar untuk sistem saraf pusat dan energi untuk otot yang bekerja. Menurut Lowa State University, karbohidrat juga mencegah protein dari digunakan sebagai sumber energi dan memungkinkan metabolisme lemak.

Di Indonesia masyarakat memenuhi kebutuhan karbohidratnya dengan makan nasi, jagung, atau ubi. Selain nasi, berikut makanan yang mengandung karbohidrat yang dilansir dalam Medical News Today:

1. Ubi

Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat adalah ubi. Ubi dapat diolah menjadi makanan enak karena ubi memiliki rasa yang manis. Ubi enak dimasak dengan cara digoreng, dikukus ataupun dipanggang.

Satu buah ubi berukuran sedang dengan kulit mengandung karbohidrat sebanyak 23,61 gram. Ubi jalar mengandung sumber potasium dan vitamin A dan C.

2. Jagung

Jagung menjadi sayuran populer yang enak dijadikan sebagai makanan pokok ataupun lauk. Jagung juga bisa dicampurkan dengan salad. 100 gr jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan 3 gram protein. Jagung juga mengandung vitamin C.

3. Quinoa

Quinoa memiliki bentuk yang mirip seperti biji-bijian. Satu cangkir quinoa mengandung 29,4 gram karbohidrat dan 8 gram protein. Quinoa juga kaya akan mineral termasuk magnesium, potasium dan fosfor.

Quinoa mengandung tinggi serat dan protein, quinoa dapat membantu orang menurunkan berat badan.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals mengatakan,"Quinoa juga menjadi salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung sembilan asam amino esensial. Quinoa memiliki magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan serat yang tinggi."

4. Oats

Oats adalah salah satu biji-bijian yang utuh dan sehat. Dalam Everyday Health, menurut penelitian dari Journal of the American College of Nutrition mengonsumsi oatmeal dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Secangkir oatmeal akan mengandung 27 gram karbohidrat, 5 gram proteon dan 4 gram serat.

5. Beras Merah

Beras merah bisa jadi alternatif pengganti pengganti nasi putih terutama untuk Anda yang sedang berdiet. Satu cangkir nasi merah yang dimasak mengandung karbohidrat sebesar 36 gram. Beras merah selain tinggi serat juga mengandung antioksidan.

6. Pisang

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga terdapat dalam buah pisang. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 26,9 gram karbohidrat. Seperti ubi, pisang juga kaya akan kalium, vitamin A dan C.

7. Apel

Makanan yang mengandung karbohidrat rendah adalah apel. Satu buah apel mengandung sekitar 25 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, buah apel juga mengandung vitamin A dan C, kalium dan juga serat.

8. Mangga

Mangga yang punya rasa manis dengan aroma yang khas ternyata juga mengandung karbohidrat. Satu cangkir mangga cincang mengandung 24 gram karbohidrat. Mangga juga kaya akan vitamin A dan C, potassium dan juga serat.

Kamu bisa menambahkan mangga ke sereal ataupun dijadikan sebagai smoothies. Selain itu buah mangga juga enak dinikmati segar.

9. Bit

Bit adalah sayuran berwarna merah keunguan yang bisa dinikmati mentah ataupun matang. Satu cangkir bit mentah mengandung 13 gram karbohidrat. Bit kaya akan kalium, kalsium, folat dan vitamin A.

10. Singkong

Singkong menjadi salah satu jenis makanan karbohidrat yang umum dikonsumsi di Indonesia. 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Singkong enak dinikmati bersama dengan lauk ataupun diolah menjadi dessert. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar