Senin, 23 Oktober 2023

KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar AS Senin Bergerak Naik di Sesi Asia; Yen Mendekati Level 150



KONTAK PERKASA FUTURES | Mata uang Yen Jepang mendekati level 150 per dolar dalam sesi perdagangan Asia pada hari Senin, menciptakan ketegangan antara kemungkinan penguatan lebih lanjut dolar AS dan harapan intervensi pemerintah Jepang di pasar.

Minggu dimulai dengan kekhawatiran meningkat mengenai konflik di Timur Tengah pada hari Senin. Sementara itu, imbal hasil Treasury AS melemah menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa dan rilis data PDB AS pada akhir pekan ini.

Indeks dolar AS naik 0,13% menjadi 106,30 dalam perdagangan tersebut.

Mata uang Yen Jepang diperdagangkan pada level 149,94 per dolar, setelah mencapai level 150,14 pada awal hari Senin. Level tersebut terakhir terlihat pada 3 Oktober, ketika para trader mencurigai Bank of Japan melakukan intervensi untuk mendorong yen ke level yang lebih kuat, yakni 150 per dolar.

Investor juga memantau kemungkinan kenaikan lebih lanjut pada kurva imbal hasil Treasury AS, yang didorong oleh perluasan premi berjangka dalam rangka ekspektasi pertumbuhan yang lebih kuat dan ketidakpastian fiskal.

Bank Sentral Eropa (ECB) akan mengadakan pertemuan pada hari Kamis. Meskipun siklus kenaikan suku bunga telah berakhir, menurut survei oleh Reuters yang melibatkan 85 ekonom, pelonggaran kemungkinan akan dimulai pada bulan Juli 2024, seiring berlanjutnya perjuangan melawan kenaikan inflasi.

ECB telah menaikkan suku bunga utamanya sebesar 25 basis poin pada bulan September, mengangkat suku bunga deposito menjadi 4,00% dan suku bunga refinancing menjadi 4,50%. Namun, bank tersebut memberi isyarat bahwa kenaikan suku bunga ke-10 dalam 14 bulan kemungkinan akan menjadi yang terakhir.

Mata uang Euro terpantau mengalami penurunan sebesar 0,19% menjadi $1.0576, sementara mata uang Poundsterling juga melemah 0,14% menjadi $1.2148.

Analisis pasar menduga bahwa dalam perdagangan berikutnya, indeks dolar AS akan terus menguat seiring dengan meningkatnya permintaan akan aset safe haven, terutama dengan meningkatnya kekhawatiran mengenai konflik geopolitik di Timur Tengah. Rentang pergerakan indeks dolar AS diperkirakan berada antara Support 106,05 hingga 105,83, dan dalam kisaran Resistance 106,60 hingga 106,91 jika mengalami kenaikan. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar