Selasa, 11 Februari 2020

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Bahaya Banget! Nyetir Mobil Pakai Setang Motor



PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Seorang pengendara asal Thailand mengemudikan mobil yang setirnya sudah dimodifikasi menggunakan setang motor. Meski terlihat sekilas ia bisa beradaptasi dan melakukannya, berkendara dengan cara semacam itu sangat membahayakan.
"Yang patut diketahui adalah radius putarnya. Karena di mobil konvensional itu 3:1 alias ada 3 gerakan untuk mencapai 1 belokan patah. Kalau di F1 itu 1:1, di mana 1 gerakan langsung mengubah arah mobil. Dengan setang motor pastinya olah kemudi juga berubah dan patut dipertanyakan," bilang Instruktur Safety Driving, Andry Berlianto, Senin (10/2/2020).

Selain mengubah tingkat ergonomi mengemudi, mengubah setir mobil dengan setang motor juga bakal menghilangkan sejumlah fungsi umum yang biasanya tersedia di sekeliling setir mobil. Yang paling jelas adalah kemungkinan hilangnya fungsi airbags yang biasanya dibenamkan di kemudi.

"Dan kalau kita lihat tombol-tombol juga tidak mudah dijangkau. Misal tombol klakson, tombol lampu, tombol lampu dim, tombol wiper, tombol flash, dan lain-lain jauh dari steer. Sehingga saat dibutuhkan sangat sulit dijangkau sehingga akan terjadi keterlambatan respons," kata Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, dihubungi detikcom, Senin (10/2/2020).

Karena hilangnya fungsi airbags dan melihat konstruksi setang motor yang 'telanjang' seperti itu, maka akan sengat bahaya jika terjadi kecelakaan. "Tangkai dari setang motor, punya potensi menciderai pengemudi saat terjadi tumbukan," ujar Andry.

Sebelumnya aksi mengemudikan mobil menggunakan setang motor terekam dalam sebuah video yang diunggah facebook 加辣喜制作 Galaxy Production. Dalam video berdurasi 58 detik itu pengendara mobil asal Thailand mengemudikan mobil yang setirnya sudah dimodifikasi menggunakan setang motor.

Mobil yang ia kendarai bermerek Chevrolet jenis double cabin. Tak hanya mengganti sistem kemudi, mobil itu juga sudah mengalami sejumlah ubahan di dalam kabin.

Seperti joknya hanya ada satu, yakni di bagian pengemudi saja, sehingga seorang kawannya duduk di lantai tanpa tempat duduk yang nyaman dan aman.

Selain itu juga ada penambahan komponen roller bar, yang dilengkapi dengan tabung bertuliskan NOS (Nitrous Oxide Systems).

Kendati mereka berdua selamat sampai tujuan, aksi mengendarai mobil menggunakan setang motor jangan sampai ditiru ya detikers. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar