Senin, 03 Februari 2020

KONTAK PERKASA FUTURES | Cuci Mobil Sauna, Lebih Hemat Air dan Go Green



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Zaman now, nggak cuma manusia yang bisa mandi sauna. Mobil pun sekarang bisa mandi uap ala manusia, airnya lebih sedikit dibanding cuci mobil biasa yang memakai air berliter-liter.
Mandi sauna ala manusia untuk mobil itu bisa detikers dapatkan di salon mobil Studio Detail yang berada di Jalan Buncit Raya Gang 15 Nomor 17, Jakarta Selatan. Pemilik Studio Detail Dicky Gunawan kepada detikcom mengatakan cuci mobil uap ini baru ada beberapa tempat saja di Jakarta.

Air yang digunakan pun sedikit, dari pantauan detikcom, air seember yang dipakai untuk cuci mobil uap ini tak habis untuk mencuci 1 mobil jenis MPV. Jangan pula khawatir cat mobil akan rontok terkena uap air.

"Cuci dengan tenaga uap yang memberikan kebersihan yang luar biasa, dengan pressure yang tinggi sekitar 5-10 bar jadi cukup kencang, untuk detailing mobil cukup kencang lah. Kemudian minim air satu mobil hanya sekitar 3 liter. Jadi waterless, tapi untuk kotoran yang menempel di bodi bisa terdorong karena pressure-nya yang tinggi. Selain ramah lingkungan, alat cuci mobil uap ini tidak kalah dengan air biasa yang banyak limbah airnya, ini waterless, jadi go green lah. Untuk cat aman, malah bagus uap panasnya itu buat menghilangkan oksidasi alias bekas wax atau shampoo yang selama ini kita pakai yang menyebabkan jamur," ujar Dicky.

Uap dihasilkan dari sebuah alat yang menggunakan pemanas berbahan bakar gas dan listrik. Setelah menunggu beberapa saat sampai tekanannya cukup, maka uap air bisa dihasilkan dari mesin cuci mobil uap ini. Pertama-tama bagian mesin dibersihkan dengan uap. Di sini mobil hanya menggunakan sedikit sabun, sehingga aman untuk mesin, interior dan bodi mobil. "Pakai sabunnya sedikit saja, biar kotoran yang berkerak di mesin bisa rontok, tenang aman kok," ujar Dicky.

Kemudian bagian bodi mobil diberi uap. "Nah kalau bodi mobil tak perlu pakai sabun, cukup dilap saja, semua kotoran di bodi langsung rontok," ujarnya.

Namun untuk bagian kaki-kaki, masih menggunakan cuci air biasa dengan sabun. "Soalnya takutnya masih banyak pasir di bawah jadi pakai air dulu," timpalnya.

Setelah bodi diuap, kini bagian interior yang diuap. Yang menarik, corong uap diarahkan ke saluran AC, terlihat aliran uap, mengalir dari lubang AC yang lain untuk beberapa lama. Dasbor yang tadinya banyak debu langsung rontok begitu terkena uap dan dibersihkan dengan microfiber.

Sebagai pamungkas, mobil bagian dalamnya di-fogging. "Jadi kita biarkan uapnya ada di kabin mobil beberapa waktu, agar bau-bau yang biasanya ada di kabin mobil hilang," ujarnya.

Hasilnya? Mobil pun terlihat kinclong. Waktu pengerjaan cuci mobil dengan uap ini sekitar 1-1,5 jam. Tarifnya pun relatif terjangkau. "Jika full uap Rp 350.000, tapi bulan Februari ini di tempat kami ada promo Rp 200.000," ujarnya. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar