Kamis, 26 Desember 2019

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Waduh! Hacker China Bisa Tembus Two-Factor Authentication



PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Peneliti keamanan dari Fox-IT menemukan bukti adanya hacker asal China yang bisa menembus sistem keamanan two-factor authentication (2FA).

Grup hacker yang bisa menembus sistem 2FA itu sering disebut sebagai APT20, yang dipercaya beroperasi di bawah naungan pemerintah China, demikian dikutip dari Zdnet, Rabu (25/12/2019).

APT20 dikenal sebagai grup hacker yang menjadikan badan pemerintahan menjadi salah satu target utamanya. Utamanya badan pemerintahan yang bergerak di bidang penerbangan, kesehatan masyarakat, finansial, asuransi, energi, dan beberapa sektor lain.

Grup hacker ini pertama terendus pergerakannya oleh Fox-IT pada 2011 meski sempat kehilangan jejak pada rentang waktu 2016-2017. Pada saat itu, APT20 ternyata mengubah mode operasinya.

Baru-baru ini analis Fox-IT menemukan hacker APT20 terhubung ke akun VPN yang terlindungi 2FA. Metode yang dipakai, menurut Fox-IT, untuk melakukan hal itu adalah dengan mencuri token software RSA SecurID dari sistem yang sudah teretas.

Token tersebut kemudian digunakan untuk membuat kode yang bisa melewat sistem 2FA. Meski begitu, sebenarnya hal ini bisa dibilang tak mungkin dilakukan.

Pasalnya untuk menggunakan token software ini, pengguna perlu menghubungkan perangkatnya secara langsung ke komputer, kemudian barulah kode 2FA bisa dibuat. Jika tak ada perangkat yang terhubung, seharusnya software RSA SecureID akan mengeluarkan pesan error.

Namun menurut Fox-IT, hacker APT20 tersebut hanya perlu menyusupkan 1 instruksi kode ke dalam RSA SecurID Software Token, yang membuat software tersebut akan mengeluarkan kode untuk 2FA yang dibutuhkan. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar