Jumat, 10 November 2023

KONTAK PERKASA FUTURES | Harga Minyak Menuju Penurunan Mingguan Ketiganya



KONTAK PERKASA FUTURES | Harga minyak menuju penurunan mingguan ketiga berturut-turut di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap permintaan global dan berkurangnya premi risiko perang, sementara Arab Saudi menyalahkan spekulan atas penurunan tersebut.

Patokan global, minyak mentah Brent naik tipis melewati $80 per barel pada hari Jumat, tetapi turun sekitar 5% pada minggu ini. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) mendekati $76. Harga naik pada hari Kamis setelah komentar Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman serupa dengan kritiknya terhadap spekulan pada bulan Mei, beberapa minggu sebelum kerajaan tersebut memangkas produksinya.

Brent telah anjlok sekitar 13% selama tiga minggu terakhir karena sinyal permintaan yang bearish dari Tiongkok, Amerika Serikat, dan Eropa, sementara aliran minyak dari Timur Tengah tetap tidak terpengaruh oleh perang Israel-Hamas. Manajer hedge fund Pierre Andurand juga menyebutkan pasokan yang lebih besar dari perkiraan “ dengan alasan tingginya produksi di AS dan Iran “ sebagai petunjuk penurunan harga baru-baru ini.

Ini adalah penurunan tajam dari akhir September, ketika Brent dibanderol dengan harga $100 per barel dan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memproyeksikan penurunan persediaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di tengah tingginya permintaan bahan bakar dan pemotongan produksi oleh Saudi. Perhatian kini beralih ke penurunan penyulingan minyak di Tiongkok dan tingginya suku bunga di AS.

Sentimen yang memburuk dengan cepat telah menyebabkan spread cepat WTI beralih ke struktur contango bearish, di mana harga jangka pendek berada di bawah harga jangka panjang, untuk pertama kalinya sejak bulan Juli. Perubahan haluan ini terjadi ketika produksi Amerika mencapai rekor tertinggi dan stok di pusat penyimpanan utama Amerika turun drastis ke tingkat yang sangat rendah.

Brent untuk penyelesaian bulan Januari naik 0,4% menjadi $80,35 per barel pada pukul 11:05 di Singapura.

WTI untuk pengiriman Desember naik 0,3% menjadi $75,98 per barel. (knc) KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Bloomberg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar