Kamis, 02 November 2023

KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar Merosot Pasca Komentar Powell; Sterling Mennati Putusan BoE



KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar AS menurun tajam pada awal perdagangan Eropa pada hari Kamis (2/11) setelah komentar dari Ketua Fed Jerome Powell menunjukkan kenaikan suku bunga AS kemungkinan sudah di puncaknya.

Pada pukul 04:10 waktu timur (08:10 GMT), Indeks Dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, diperdagangkan 0,4% lebih rendah pada 106,290, sehingga memperpanjang penurunan semalam.

Perhatian kini beralih ke Bank Sentral Inggris (BoE), yang akan mengadakan pertemuan penetapan kebijakan terbaru di sesi ini.

Pasangan GBP/USD naik 0,1% menjadi 1,2168, yang mendapatkan keuntungan dari pelemahan dolar, dengan bank sentral diperkirakan akan mengikuti Bank Sentral Eropa (ECB) dan The Fed dalam mempertahankan suku bunga dasar tidak berubah pada level tertinggi dalam 15 tahun.

Tingkat inflasi Inggris telah turun dari angka tertinggi 11,1% pada bulan Oktober 2022 menjadi 6,7% pada bulan September, namun angka ini masih lebih dari tiga kali lipat dari targetnya.

Namun demikian, BOE juga harus mempertimbangkan tanda-tanda tekanan yang semakin besar pada perekonomian, dan dengan demikian menghadapi tindakan penyeimbangan yang rumit untuk mengatasi kenaikan harga tanpa membuat negara tersebut masuk ke dalam resesi.

Pasangan EUR/USD naik 0,3% menjadi 1,0602, sekali lagi dibantu oleh lemahnya dolar, menjelang rilis data pengangguran Jerman untuk bulan Oktober, serta angka PMI manufaktur untuk zona euro secara keseluruhan.

Angka-angka ini diperkirakan menunjukkan perekonomian Jerman, yang terbesar di zona euro, masih berada dalam kondisi lemah.

Di tempat lain, pasangan USD/JPY turun 0,3% menjadi 150,49, dengan yen pulih tajam dari level terendah satu tahun karena pejabat pemerintah terus mengancam intervensi di pasar mata uang.

Pasangan AUD/USD naik 0,5% menjadi 0,6420, seiring dengan semakin yakinnya para pedagang bahwa Reserve Bank of Australia akan menaikkan suku bunga pada pertemuan pekan depan.(yds)


KONTAK PERKASA FUTURES


Sumber: Investing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar