Kamis, 30 November 2023

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar Naik Tipis, Data Inflasi Perancis Lemahkan Euro



PT KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar naik tipis dari level terendahnya dalam tiga bulan pada hari Kamis (30/11) tetapi masih akan mencatat penurunan bulanan tertajam dalam setahun karena investor meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve telah selesai menaikkan suku bunga menjelang laporan inflasi penting hari ini.

Euro melemah setelah data harga konsumen Perancis lebih rendah dari perkiraan, sehari setelah data menunjukkan pertumbuhan harga di Jerman dan Spanyol juga melambat, menunjukkan risiko penurunan terhadap angka zona euro yang dirilis hari ini.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang rivalnya, naik 0,35% menjadi 103,18, naik dari 102,46 yang dicapai pada hari Rabu yang merupakan level terendah sejak 11 Agustus.

Indeks masih turun sekitar 3,3% pada bulan November karena meningkatnya ekspektasi The Fed akan menurunkan suku bunga pada paruh pertama tahun 2024.

Euro, yang merupakan bobot terbesar dalam indeks dolar, turun 0,43% terhadap dolar menjadi $1,0921. Pada hari Rabu, harga mencapai level tertinggi sejak Agustus di $1,1017.

Sementara itu, ekspektasi bahwa Bank of Japan akan segera mengakhiri kebijakan suku bunga negatifnya telah mendorong penguatan yen, dan dalam prosesnya, sehingga mengurangi tekanan pada bank sentral untuk mendukung mata uang tersebut melalui intervensi pasar Valas langsung.

Pada hari Kamis, yen menguat 0,07% menjadi 147,085 per dolar, tetap mendekati level tertinggi dua setengah bulan di 146,675 per dolar yang disentuh pada hari Rabu. Mata uang Asia telah menguat 3% terhadap dolar pada bulan November dan berada di jalur menuju bulan terkuatnya tahun ini.

Sementara anggota dewan Bank of Japan (BoJ) Toyoaki Nakamura mengatakan pada hari Kamis bahwa bank sentral kemungkinan akan memerlukan lebih banyak waktu sebelum menghapuskan stimulus besar-besaran secara bertahap.

Sterling terakhir berada di $1,2664, turun 0,25% hari ini, sementara dolar Australia naik 0,08% menjadi $0,6622 dan naik 4,5% di bulan November - kenaikan satu bulan paling tajam dalam setahun terakhir.(yds) PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber: Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar