Kamis, 14 Desember 2023

KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar Turun ke Level Terendah 4 Bulan ditengah Sinyal Penurunan Suku Bunga Fed pada 2024



KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar turun ke level terendah baru dalam empat bulan pada hari Kamis (14/12) setelah Federal Reserve mengindikasikan bahwa siklus kenaikan suku bunga telah berakhir dan biaya pinjaman yang lebih rendah akan terjadi pada tahun 2024.

Pada hari yang sibuk dengan pengumuman kebijakan di Eropa, crown Norwegia menguat setelah kenaikan suku bunga, sementara franc Swiss sedikit berubah setelah Bank Nasional Swiss mempertahankan suku bunga. Bank of England dan Bank Sentral Eropa akan mengumumkan kebijakannya hari ini.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) hari Rabu bahwa pengetatan kebijakan moneter yang bersejarah kemungkinan besar akan berakhir, dengan diskusi mengenai pemotongan biaya pinjaman mulai terlihat. Para pengambil kebijakan hampir sepakat dalam memproyeksikan bahwa biaya pinjaman akan turun pada tahun 2024.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sejumlah mata uang, tergelincir hingga 102,42, terendah sejak pertengahan Agustus. Terakhir turun 0,3% pada 102,57.

Pasar sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga lebih dari 85% pada bulan Maret, menurut alat CME FedWatch, dibandingkan dengan 40% pada hari sebelumnya. Para pedagang memperkirakan satu dari lima kemungkinan bahwa The Fed akan memangkas suku bunga bulan depan.

SNB mengawali hari sibuk dengan pengumuman bank sentral di sesi Eropa dengan mempertahankan suku bunga stabil di 1,75%, seperti yang diharapkan. Franc tetap melemah terhadap euro namun sedikit menguat terhadap dolar yang lebih lemah setelah pengumuman tersebut, karena bank sentral mengakui bahwa tekanan inflasi telah sedikit menurun selama kuartal terakhir.

Sementara itu, mata uang Crown Norwegia naik terhadap euro dan dolar setelah bank Norges secara tak terduga menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 4,5%, menambahkan bahwa kemungkinan akan tetap pada tingkat tersebut untuk beberapa waktu.

Perhatian kini tertuju pada pengumuman dari BoE dan ECB yang keduanya kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah, dan pasar mengamati komunikasi seputar kemungkinan pelonggaran kebijakan pada tahun 2024.

Yen terus menguat setelah pelemahan greenback, naik ke level tertinggi sejak 31 Juli di 140,95 yen per dolar. Terakhir naik sekitar 0,9% pada 141,58 per dolar.

Sementara itu, Dolar Australia mencapai level tertinggi dalam empat bulan di $0,6728 setelah lapangan kerja dalam negeri melonjak sebesar 61.500 pada bulan November, dibandingkan dengan peningkatan sekitar 11.000 yang diperkirakan pasar. (Arl) KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar