Rabu, 20 Desember 2023

PT KONTAK PERKASA | Dolar Tetap Stabil di Tengah Ekspektasi Penurunan Suku Bunga



PT KONTAK PERKASA | Dolar AS bertahan stabil pada hari Rabu (20/12) terhadap sejumlah mata uang lainnya karena para pedagang mempertimbangkan kemungkinan bahwa Federal Reserve AS akan segera mulai memangkas suku bunga.

Para pejabat The Fed telah melakukan penolakan setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pekan lalu menetapkan tiga kali penurunan suku bunga pada tahun 2024, sehingga memicu reli di pasar keuangan.

Pelaku pasar memperkirakan peluang sebesar 69% untuk pemotongan suku bunga pertama yang terjadi pada pertemuan The Fed bulan Maret, diikuti oleh kemungkinan 63,3% untuk pemotongan suku bunga lainnya pada bulan Mei, menurut alat CME FedWatch.

Pada hari Selasa, Raphael Bostic, presiden Federal Reserve Atlanta, menegaskan kembali bahwa ia mengharapkan dua kali penurunan suku bunga pada paruh kedua tahun ini, namun menambahkan tidak ada "urgensi" saat ini.

Pada hari yang sama, Presiden Fed Richmond Thomas Barkin mengatakan apakah bank sentral dapat memenuhi perkiraan penurunan suku bunga bergantung pada bagaimana kinerja perekonomian.

Indeks dolar naik tipis 0,13% menjadi 102,25, setelah merosot lebih dari 0,3% pada hari sebelumnya dan menyentuh level terendah empat bulan di 101,76 pada minggu lalu.

Pergerakan greenback akan bergantung pada data ekonomi yang mendukung penurunan suku bunga yang telah diperkirakan, kata Rodda.

"Dolar AS adalah kebalikan dari apa yang disebut ˜reli segalanya', yang akan berlanjut jika data mengkonfirmasi perlunya pemotongan suku bunga tahun depan," tambahnya.

Ukuran inflasi yang mendasari pilihan The Fed, indeks harga inti Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE), akan dirilis pada hari Jumat ini, dan dapat menunjukkan apakah inflasi sudah cukup melambat bagi The Fed untuk mulai melakukan pelonggaran kebijakan tahun depan.

Euro turun 0,19% menjadi $1,0958, sementara sterling terakhir diperdagangkan pada $1,2715.

Yen berkonsolidasi di sekitar 143,73 terhadap greenback setelah jatuh ke level 144,95 pada hari sebelumnya.

Mata uang Jepang telah diperdagangkan di kisaran 142 pada hari Selasa sebelum Bank of Japan mengatakan pihaknya mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah dan ketuanya, Kazuo Ueda, tidak memberikan petunjuk tentang berakhirnya suku bunga negatif dalam waktu dekat.

Dolar Australia sebagian besar datar di $0,6766, turun dari level tertinggi baru dalam lima bulan di $0,6777. (Arl) PT KONTAK PERKASA

Sumber : Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar