Rabu, 27 Desember 2023

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar Turun ke Level Terendah 5 Bulan ditengah Harapan Pemotongan Suku Bunga



PT KONTAK PERKASA FUTURES | Dolar tergelincir ke level terendah dalam lima bulan pada hari Rabu (27/12) dan euro menyentuh level tertinggi dalam empat bulan di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan segera memangkas suku bunga, namun arus perdagangan akhir tahun yang tipis membatasi pergerakan.

Dengan banyaknya pedagang yang libur pada hari libur, volume perdagangan kemungkinan akan sepi hingga Tahun Baru.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang rivalnya, turun ke 101,41, level terendah sejak 28 Juli. Indeks ini berada di jalur penurunan 1,9% pada tahun 2023 setelah mengalami kenaikan kuat selama dua tahun berturut-turut, didorong oleh antisipasi Fed kenaikan suku bunga dan kemudian kenaikan suku bunga aktual The Fed untuk melawan inflasi.

Pelemahan dolar baru-baru ini “ indeks diperkirakan mencatatkan penurunan dua bulan berturut-turut “ dipicu oleh antisipasi pasar terhadap penurunan suku bunga Fed tahun depan, sehingga mengurangi daya tarik dolar.

Pasar kini memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 85% mulai bulan Maret 2024, menurut alat CME FedWatch, dengan perkiraan penurunan lebih dari 150 basis poin untuk tahun depan.

Data AS menunjukkan menurunnya inflasi telah memperkuat spekulasi pelonggaran suku bunga tahun depan.

Sementara itu, euro naik 0,1% pada $1,1053, setelah menyentuh level tertinggi empat bulan di $1,1055. Mata uang tunggal ini naik hampir 3% pada tahun ini dan berada di jalur kenaikan untuk bulan ketiga berturut-turut, menyamai kenaikan yang terjadi pada tahun lalu.

Yen Jepang melemah 0,1% menjadi 142,52 per dolar dan menuju penurunan 8% pada tahun ini meskipun mata uang Asia telah menunjukkan kekuatan dalam beberapa minggu terakhir yang mencerminkan ekspektasi Bank of Japan akan segera keluar dari kebijakan ultra-longgarnya.

Ringkasan opini pada pertemuan bank sentral pada 18-19 Desember menunjukkan bahwa pembuat kebijakan BOJ melihat perlunya mempertahankan kebijakan moneter ultra-longgar untuk saat ini, dan beberapa menyerukan perdebatan lebih dalam mengenai penghentian stimulus besar-besaran di masa depan.

Dolar Australia dan dolar Selandia Baru keduanya menyentuh level tertinggi baru dalam lima bulan di awal sesi. Aussie terakhir dibeli $0,6836, sedangkan Kiwi berada di $0,6324. (Arl) PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar