Rabu, 17 Januari 2024

PT KONTAK PERKASA | Dolar Melayang Di Satu Bulan Tertinggi Terkait Meredanya Ekspektasi Penurunan Suku Bunga



PT KONTAK PERKASA | Indeks dolar melayang di level tertinggi satu bulan terhadap sejumlah mata uang lainnya pada hari Rabu (17/1) karena pernyataan Gubernur Federal Reserve Christopher Waller mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga pada bulan Maret.

Waller mengatakan bahwa meskipun AS berada dalam jarak yang sangat dekat dengan target inflasi 2% yang ditetapkan The Fed, bank sentral tidak boleh terburu-buru menurunkan suku bunga acuannya sampai jelas bahwa inflasi yang lebih rendah akan dipertahankan.

Ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga di bulan Maret telah berkurang menjadi peluang 62,2% dibandingkan perkiraan 76,9% di sesi sebelumnya, menurut FedWatch Tool dari CME.

Pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde pada hari Rabu dapat menyebabkan penyesuaian harga lebih lanjut, tambahnya.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, terakhir berada di 103,35 setelah naik setinggi 103,42 pada sesi sebelumnya, level tertinggi sejak 13 Desember. Hari Selasa juga terjadi persentase kenaikan dolar terbesar dalam satu hari sejak 2 Januari.

Sementara itu, euro berada di dekat level terendah satu bulan di $1,0875 setelah persentase penurunan satu hari tertajam dalam dua minggu, menyusul komentar dari beberapa pembuat kebijakan ECB minggu ini yang mempertahankan ketidakpastian mengenai waktu penurunan suku bunga.

Sterling terakhir diperdagangkan sebagian besar tidak berubah pada $1,2636, setelah mengalami penurunan tajam pada hari Selasa setelah data yang menunjukkan pertumbuhan upah Inggris melambat dalam tiga bulan hingga November.

Yen kembali berada di bawah tekanan. Mata uang Jepang berada pada titik terendah sejak awal Desember di 147,45 per dolar, karena imbal hasil obligasi AS meningkat untuk mendukung greenback.

Di negara-negara lain di Asia, perhatian tertuju pada indikator-indikator ekonomi utama Tiongkok untuk bulan Desember yang akan dirilis pada hari Rabu, termasuk pertumbuhan kuartal keempat yang diperkirakan akan melambat menjadi 1% pada periode Oktober-Desember dari 1,3%. (knc) PT KONTAK PERKASA

Sumber : Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar