Rabu, 03 Januari 2024

KONTAK PERKASA FUTURES | Emas Menguat Seiring Pelemahan Dolar Jelang Rilis Risalah Rapat The Fed



KONTAK PERKASA FUTURES | Harga emas naik pada hari Rabu (3/1), didukung oleh pelemahan dolar, sementara investor menunggu rilis risalah pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve dan data tenaga kerja AS untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut mengenai prospek suku bunga.

Harga emas di pasar spot naik 0,3% menjadi $2,064.55 per ons pada 04:54 GMT. Sementara itu, harga emas berjangka AS bergerak datar di $2,073. Dolar mengalami penurunan sebesar 0,2% terhadap sejumlah mata uang pesaingnya, sehingga membuat emas menjadi lebih terjangkau bagi pemegang mata uang lainnya.

"Emas berada dalam mode konsolidasi saat ini, melanjutkan kenaikan pada tahun 2023 dengan potensi kenaikan lebih lanjut jika ekspektasi saat ini terhadap Federal Reserve yang bersifat dovish pada tahun 2024 bertahan," kata Tim Waterer, kepala analis pasar di KCM Trade.

Spekulasi mengenai penurunan suku bunga pada tahun 2024 semakin tinggi, didorong oleh perlambatan inflasi dan sikap dovish dari Federal Reserve dalam pertemuan kebijakan bulan Desember. Ekspektasi ini telah membantu emas mencatat kenaikan sebesar 13% pada tahun 2023, yang merupakan kenaikan tahunan pertama sejak tahun 2020, karena suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya oportunis untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber: Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar