Selasa, 23 Januari 2024

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Harga Emas Naik Jelang Isyarat Ekonomi Lainnya; Tembaga Melonjak Terkait Harapan Tiongkok



PT KONTAK PERKASA FUTURES | Harga emas menguat pada hari Selasa (23/1), mengikuti pelemahan ringan dolar karena para pedagang yang mengurangi aktivitas jelang serangkaian data ekonomi utama AS pada minggu ini, meskipun prospek suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama masih membuat kenaikan tetap lemah.

Di antara logam industri, harga tembaga menguat 1% di tengah laporan bahwa pemerintah Tiongkok sedang mempersiapkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mendukung pasar lokal. Tiongkok adalah importir tembaga terbesar di dunia, dan telah menjadi titik lemah utama dalam harga tembaga.

Para pedagang kini mencari lebih banyak isyarat mengenai perekonomian AS, di tengah memudarnya spekulasi bahwa Federal Reserve akan mulai memotong suku bunga paling lambat bulan Maret 2024. Gagasan ini telah sangat membebani emas pada awal bulan Januari, sehingga mendorong harga logam kuning tersebut ke level terendah. $2.000 per ons.

Namun emas rebound dari posisi terendahnya pada tahun 2024, karena memburuknya kondisi geopolitik di Timur Tengah yang mendorong pembelian aset safe haven. Harga emas batangan juga didukung oleh spekulasi bahwa The Fed akan melonggarkan kebijakan moneternya pada tahun ini.

Emas di pasar spot naik 0,4% menjadi $2,029.53 per ons, sementara emas berjangka yang berakhir pada bulan Februari naik 0,4% menjadi $2,030.70 per ons pada pukul 00:34 ET (05:34 GMT).

Fokus kini tertuju pada data produk domestik bruto AS kuartal keempat, yang akan dirilis pada hari Kamis ini, yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan pertumbuhan secara keseluruhan PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Investing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar