Selasa, 03 Maret 2020

PT KONTAK PERKASA | Aturan IMEI Blokir HP BM dari Sinyal Operator, Kalau Pakai WiFi?



PT KONTAK PERKASA SURABAYA - Aturan IMEI ponsel BM selangkah lagi berlaku. Itu artinya, ponsel ilegal tidak akan bisa menerima layanan telekomunikasi dari operator seluler. Akan tetapi, masih ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk berselancar di internet, yaitu dengan mengandalkan koneksi dari WiFi.
Bagaimana jika HP BM pakai WiFi? Nah, fitur ini sendiri jadi pengecualian pemblokiran oleh pemerintah karena dinilai bukan bagian dari layanan seluler.

"Ya, nggak (diblokir). Itu kan tidak lewat seluler," ujar Wakil Ketua Umum ATSI Merza Fachys beberapa waktu lalu di Jakarta.

Untuk diketahui, pemerintah dan operator seluler telah sepakat untuk menggunakan skema whitelist dalam memblokir ponsel BM di Indonesia. Lewat skema ini, masyarakat bisa mengetahui sejak awal, apakah ponsel yang akan dibelinya itu masuk kategori resmi atau ilegal, tentunya setelah melakukan pengecekan nomor.

Nantinya setelah aturan IMEI ini diberlakukan pada 18 April mendatang, ponsel BM itu tidak dapat menikmati layanan telekomunikasi seperti pada umumnya, meskipun sudah disematkan SIM card sekalipun.

"HP ilegal tidak akan pernah bisa dipakai untuk layanan dari operator seluler," ungkapnya.

Saat ini, aturan IMEI masih dalam tahap fase sosialisasi setelah diteken pada 18 Oktober 2019. Rencananya, sosialisasi tersebut berlangsung selama enam bulan, di mana 18 April 2020 akan diterapkan sebagai upaya memberangus peradaran ponsel BM.

Aturan ini telah dirumuskan oleh pemerintah sejak 2015. Sejak tahun lalu, pemerintah melalui tiga kementeriannya, yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian telah menekan masing-masing peraturan menteri dalam pengendalian ponsel BM di Tanah Air. PT KONTAK PERKASA

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar