Kamis, 05 Maret 2020

PT KP PRESS | Bikin RX-King Jadul Seperti Baru Bisa Habis Ratusan Juta Rupiah



PT KP PRESS SURABAYA - Motor dua tak Yamaha RX-King kini sudah tidak diproduksi lagi. Meski sudah diproduksi lagi, peminatnya masih banyak. Makanya, ada yang rela menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah hanya demi sebuah RX-King.
Merestorasi RX-King yang sudah tua hingga menjadi layak pakai lagi pun butuh dana yang tidak sedikit. Ahmad Arif yang sering ngoprek dan jual-beli Yamaha RX-King kerap menerima orderan untuk memugar RX-King. Menurut pria yang dikenal dengan nama Arif King Priok itu, sekali restorasi RX-King jadul hingga seperti baru lagi bisa habis puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Saya kemarin restorasi (RX-King) tahun '83 total habis Rp 118 juta. Full baru, barang (suku cadang dari) Jepang, yang nggak baru cuma tangki karena nggak ada yang baru, rangka, sama crankcase. Total habis sama ongkos saya Rp 118 juta," ujar Arif kepada detikcom, Rabu (4/2/2020).

Untuk tahun muda, restorasi RX-King mungkin lebih murah. Misalnya hasil pemugaran RX-King Special Edition tahun 2003, harganya Rp 70-80 jutaan.

Menurut Arif, suku cadang yang semakin langka dan mahal harganya menjadi salah satu patokan mengapa harga restorasi RX-King saja bisa mahal.

"Speedometer dulu masih Rp 5 juta sekarang Rp 15 juta. Kulit jok beli Rp 3 juta, sekarang udah Rp 10 juta. Makin ke sini makin susah barangnya," kata Arif.

Dia menyayangkan banyak penjual suku cadang RX-King yang melepas komponen motor itu ke Malaysia. Padahal, pencinta RX-King dalam negeri saja banyak yang butuh.

"Orang-orang Malaysia pada nyerbu sparepart RX-King ini ke Indonesia. Karena product yang paling bagus itu di Indonesia. Kalau (dijual) ke luar (negeri) gitu lama-lama habis," ucapnya. PT KP PRESS


Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar