Jumat, 11 Desember 2020

PT KP PRESS | Sederet Temuan Gejala Baru yang Dialami Pasien COVID-19, Termasuk Delirium




PT KP PRESS SURABAYA - Virus Corona COVID-19 tak henti-hentinya memberikan kejutan dalam dunia medis. Para ilmuwan dari berbagai negara pun terus berjuang dalam meneliti virus ini.

Sejumlah temuan terbaru seperti gejala yang tak biasa dialami pasien COVID-19 pun ditemukan oleh para peneliti. Apa saja gejala Corona tersebut?

1. Delirium
Dikutip dari EurekAlert, sebuah studi terbaru pada November lalu menemukan delirium sebagai salah satu gejala awal COVID-19, khususnya pada kelompok lansia. Delirium merupakan gejala mental yang membuat penderitanya mengalami kebingungan berat dengan kesadaran yang berkurang.

"Delirium adalah keadaan kebingungan di mana seseorang merasa tidak terhubung dengan kenyataan, seolah sedang bermimpi," kata peneliti dari University of Catalonia, Javier Correa.

"Kita perlu waspada... Karena seseorang yang menunjukkan tanda-tanda kebingungan mungkin merupakan indikasi adanya infeksi," tambahnya.

Peneliti menduga virus Corona juga turut mempengaruhi sistem saraf pusat dan mengakibatkan perubahan neurokognitif seperti sakit kepala dan delirium. Ini disinyalir terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen pada otak dan peradangan jaringan otak akibat badai sitokin yang dipicu oleh virus.

Berikut gejala seseorang yang mengalami delirium.

Sulit fokus dan mudah teralihkan
Suka melamun dan lambat bereaksi
Daya ingat menurun
Kesulitan berbicara
Berhalusinasi
Mudah tersinggung dan mood berubah mendadak
Sering gelisah
Kebiasaan tidur berubah.

2. Sakit mata
Peneliti dari Anglia Ruskin University (ARU), Inggris, menemukan bahwa sakit mata menjadi salah satu gejala baru Corona.

Dikutip dari Science Daily, sekitar 18 persen pasien COVID-19 yang terlibat dalam penelitian melaporkan bahwa mereka menderita fotofobia (sensitivitas cahaya) sebagai salah satu gejalanya.

Dari 83 responden, 81 persen melaporkan masalah mata dalam dua minggu setelah gejala Corona lainnya. Dari jumlah tersebut, 80 persen melaporkan masalah mata mereka berlangsung kurang dari dua minggu.

"Ini adalah studi pertama yang menyelidiki berbagai gejala mata yang mengindikasikan konjungtivitis dalam kaitannya dengan COVID-19, kerangka waktunya dalam kaitannya dengan gejala COVID-19 yang diketahui dan durasinya," jelas penulis utama Profesor Shahina Pardhan, Direktur Vision and Eye Research Institute di ARU.

"Studi ini penting karena membantu kami memahami lebih lanjut tentang bagaimana COVID-19 dapat menginfeksi konjungtiva dan bagaimana ini kemudian memungkinkan virus menyebar ke seluruh tubuh," jelasnya.

Dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut gejala Corona yang telah ditemukan sejauh ini.

Gejala umum:
Demam
Batuk kering
Kelelahan.
Gejala yang tak biasa:
Nyeri otot
Sakit tenggorokan
Diare
Konjungtivitis atau peradangan pada mata
Sakit kepala
Kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa
Ruam kulit atau perubahan warna pada jari tangan dan kaki.
Gejala berat atau serius:
Sesak napas
Nyeri dada
Kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak.

PT KP PRESS

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar