Selasa, 26 November 2019

PT KONTAK PERKASA | Ini Prosedur Tes DNA dan Biayanya



PT KONTAK PERKASA SURABAYA - Agnez Mo menyebut dirinya tidak memiliki darah Indonesia. Lewat tes DNA dapat ditelusuri dari mana darahnya berasal.


Tes DNA adalah metode identifikasi individu terpercaya. Setiap individu memiliki DNA yang unik sebagai penentu karakteristik fisik dan membawa sifat yang diturunkan dari ayah maupun ibu. DNA juga tidak berubah selama kehidupan.


Dalam mengidentifikasi DNA, ada beberapa tahap yang dilakukan. Seluruh prosedur pemeriksaan harus mengikuti prosedur operasional standar yang sesuai dengan panduan dari Scientific Working Group of DNA Analysis Method dan rekomendasi dari komisi DNA International Society of Forensic Genetics.

Berikut tahapan proses identifiasi DNA:

1. Pengumpulan Sampel


Tahapan pertama dari tes DNA adalah pengumpulan sampel. Sampel dapat berupa cairan tubuh atau rambut seseorang, keduanya membawa DNA sehingga dapat dijadikan bahan uji. Sampel yang paling umum diambil adalah usap di bagian dalam pipi seseorang.


2. Ekstraksi Sel


Tahap selanjutnya adalah ekstraksi sel. Cara ini dilakukan dengan cara memecah membran sel. Umumnya tahap ini dilakukan dengan cara menambahkan enzim ke dalam larutan yang mengandung sampel DNA.


3. Pemisahan DNA


Tahap ketiga adalah pemisahan DNA. Cara memisahkan DNA yang paling umum adalah proses elektroforesis. Metode ini menggunakan medan listrik untuk mengurutkan molekul dalam sampel.


4. Penyalinan DNA


Penyalinan DNA dilakukan melalui proses yang disebut PCR. Salinan DNA ini kemudian diuji untuk penanda genetik.


5. Pengujian DNA


Pengujian dilakukan untuk menemukan penanda genetik dalam DNA yang dapat mengidentifikasi hubungan. Terdapat ribuan penanda genetik dalam DNA, namun sebuah tes DNA melaporkan sekitar 16 hingga 21 penanda genetik spesifik yang dapat membuktikan hubungan genetik.


6. Pembandingan DNA


Setelah menemukan penanda genetik, selanjutnya adalah pembandingan DNA. Dalam kasus DNA untuk mengetahui status anak dan ayah, calon ayah harus cocok dengan setengah dari penanda genetik anak. Setengah lainnya berasal dari ibu.

7. Biaya Tes DNA


Biaya tes DNA dapat berbeda-beda pada setiap laboratorium maupun rumah sakit yang dipilih. Biaya tes DNA juga akan berbeda tergantung pada jenis dan tujuan tes DNA yang dilakukan. Kisaran harga 8 hingga belasan juta rupiah.


8. Hasil Tes DNA


Untuk darurat, hasil tes DNA bisa diketahui dalam waktu sehari. Umumnya, hasil tes diketahui sekitar 1-2 minggu. PT KONTAK PERKASA

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar