Selasa, 30 Juli 2019

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Tolak Dicaplok Instagram, Dua Pemuda Ini Malah Jadi Tajir Melintir



PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Pada 2013, Joel Flory dan Greg Lutze duduk untuk makan malam di Park Tavern, sebuah bistro kelas atas di San Francisco. Mereka makan bersama dengan pendiri Instagram Kevin Systrom.

Setahun sebelum makan malam itu, Flory dan Lutze telah meluncurkan VSCO, sebuah aplikasi pengeditan foto. Saat itu aplikasinya cukup tenar, ada sekitar lebih dari 2 juta foto di Instagram yang disertai dengan tagar #vscocam.

Tagar itu yang berarti pengguna telah mengedit foto-foto itu di VSCO, kemudian mengirim foto-foto itu ke Instagram. Padahal saat itu Systrom memiliki perangkat lunak pengeditan foto yang terintegrasi dengan Instagram.

Systrom terkesan dengan VSCO dan memiliki gagasan untuk mendapatkannya. Tetapi ketiganya saat itu tidak sampai membahas harga. Sebab saat itu Flory dan Lutze menyadari bahwa Systrom kemungkinan tidak akan menjadikan VSCO sebagai aplikasi yang berdiri sendiri dan sebaliknya akan memilih memasukkan teknologinya ke Instagram.

"Untuk VSCO, kami memiliki misi dan visi yang jauh lebih besar. Visi kami lebih dari sekadar alat," kata Flory, dilansir dari Forbes.

Enam tahun kemudian, 200 juta posting Instagram telah ditandai dengan #vscocam. Pendapatan VSCO telah meledak, dua kali lipat pada tahun 2018 menjadi US$ 50 juta.

Mereka juga mengantongi pendapatan dari kelompok startup sekitar US$ 90 juta dari Accel, Glynn Capital, dan lainnya. Total nilai perusahaan sekitar US$ 550 juta.

Flory, chief executive officer perusahaan, dan Lutze, chief experience officer, masing-masing memiliki sekitar 21% dari startup, sebuah saham senilai US$ 115 juta.

Sejak VSCO meluncurkan aplikasi seluler pertamanya pada tahun 2012, VSCO telah mengumpulkan 150 juta lebih unduhan dari Android dan iPhone. Perusahaan memulai debutnya dengan model berlangganan pada tahun 2017 sejak menghasilkan 2 juta pengguna berbayar dengan biaya US$ 19,99 per tahun.

Untuk berlangganan anggota mendapatkan 130 filter eksklusif, kemampuan pengeditan GIF dan video, serta alat-alat seperti edit warna kulit dan edit gambar.

Pengguna VSCO mewakili jalan tengah yang sukses antara remaja yang menggemari Snapchat dan audiens massa Instagram.

Lutze dan Flory awalnya ingin membangun sebuah produk untuk para profesional kreatif seperti mereka. Pada 2006, Flory, seorang fotografer komersial di Bay Area, mengajak Lutze yang berbasis di Seattle untuk kerjasama setelah memperhatikan desain Web-nya untuk band emo-punk Jimmy Eat World. Keduanya sama-sama menggemari band tersebut.

Mereka kemudian merancang situs untuk bisnis konstruksi ayahnya. Empat tahun kemudian, Flory kembali menyewa Lutze lagi untuk situs fotografi pernikahannya dan istrinya. Segera setelah itu mereka mulai melakukan curah pendapat startup.

"Saya benar-benar akan membombardir dia dengan ide bisnis baru setiap minggu. Saya pikir saya hanya mengganggunya. Kami ingin melakukan sesuatu yang membangun hubungan dengan kreatif. Di mana kami membangun sesuatu yang bernilai yang bersedia mereka bayar," kenang Flory.

Mereka mendirikan Visual Supply Company (VSCO) pada Maret 2011 dengan meluncurkan situs web sederhana pada bulan November untuk menjual filter untuk Adobe Lightroom dan Photoshop. Setiap paket filter berharga US$ 119 yang mampu secara drastis mengurangi waktu pengeditan.

Tawaran itu merupakan sebuah keuntungan bagi para profesional seperti fotografer pernikahan yang mengedit ratusan foto sekaligus. Dalam 48 jam secara online, mereka sudah menghasilkan hampir US$ 250.000.

Flory dan Lutze meluncurkan aplikasi iPhone 99 sen pada bulan April berikut untuk mempromosikan produk desktop. Setelah VSCO Cam mencapai 1 juta unduhan di minggu pertama, mereka berhenti bekerja pada produk desktop dan fokus pada ponsel.

Setahun kemudian, VSCO Cam dirilis di Android dan dibuat gratis dengan pembelian dalam aplikasi, tetapi biaya filternya berkisar antara 99 sen hingga US$ 20.

Mereka kemudian meluncurkan VSCO Grid, jejaring sosial dalam aplikasi tempat pengguna dapat mengikuti satu sama lain tetapi dengan sengaja tidak memasukkan metrik popularitas, seperti jumlah pengikut, atau mengizinkan komentar pada posting.

"Kami hanya ingin memberi orang tempat ini untuk membuat, menunjukkan pekerjaan yang sedang berlangsung, mencoba hal-hal yang biasanya tidak dapat mereka lakukan. Misi kami adalah membantu semua orang jatuh cinta dengan milik mereka sendiri kreativitas," kata Lutze. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar