Rabu, 31 Juli 2019

KONTAK PERKASA FUTURES | Sony A7R IV & RX100 VII: Mirrorless Resolusi Tertinggi & Tercepat



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Pekan ini, Sony menggelar Digital Imaging Product untuk memperkenalkan dua kamera teranyarnya, Sony A7R IV dan Sony RX100 VII. Dua kamera tersebut diklaim sebagai mirrorless dengan resolusi tertinggi dan tercepat.

Bertempat di Singapore Sports Hub, Singapura, acara yang berlangsung pada 29-31 Juli 2019 ini memperkenalkan Sony A7R IV dan RX100 VII kepada sejumlah fotografer berpengaruh se-Asia Tenggara.

Kamera Sony A7R IV adalah kamera mirrorless full frame pertama di dunia yang mengunakan sensor 61 MP. Sedangkan Sony RX100 VII adalah kamera compact premium yang memiliki rentang zoom panjang dengan sensor 1 inch dan kecepatan foto berturut-turut 20 fps tanpa black-out seperti Sony A9.

"A7R IV dibuat untuk fotografer profesional dan penghobi fotografi yang menginginkan kualitas foto tertinggi tanpa kompromi. Sedangkan RX100 VII ditujukan ke penggemar fotografi dan sekaligus vlogger, dengan fitur andalannya real time autofocus tracking mata dan wajah dan microphone input," kata Managing Director Sony, Naoko Sekiguchi dalam sambutannya sebelum memulai prosesi peluncuran.

Selanjutnya, Deputy General Manager Sony, Masaaki Oshima, memaparkan strategi pengembangan produk Sony ke arah kamera mirrorless.

"Karena penjualan mirrorless terus meningkat dibandingkan DSLR, dan di tahun 2019, angka penjualan kamera mirrorless sudah melampaui kamera DSLR, baik yang berformat full frame ataupun non-full frame," ungkapnya.

Sony tercatat memuncaki nomor satu pangsa pasar kamera mirrorless seluruh dunia selama 9 tahun berturut-turut. Demikian juga yang terjadi di pasar kamera full frame, Sony memuncaki urutan pertama sejak 2018.

Dalam kesempatan ini, diungkapkan pula filosofi Sony dalam pengembangan sistem kamera mirrorless yang didasari lima fundamental yaitu: lensa, kualitas gambar, kinerja, baterai, ukuran, dan berat.

Peluncuran Sony A9 di tahun 2017 merupakan saat yang menentukan bagi kamera mirrorless yang berhasil melampaui kinerja kamera DSLR, dan A7R IV dianggap merupakan suatu pencapaian tertinggi dan mencetak tonggak sejarah baru dalam sejarah perjalanan kamera mirrorless.

A7R IV merupakan kamera pertama full frame mirrorless yang beresolusi 61 MP, dibekali dynamic range 15 stop, kinerja 10 foto per detik, serta dibuat dengan standar untuk penggunaan profesional.

Melengkapi kamera baru ini, Sony mengenalkan Battery Grip baru VG-C4EM, yang kualitas ergonominya (handling) sudah lebih ditingkatkan, sehingga lebih tahan debu dan kelembaban dibandingkan grip sebelumnya. Chiou Bing Han, senior manager ILC ASEAN menambahkan bahwa mekanisme shutter sudah ditingkatkan lagi untuk mengurangi getaran (vibration).

Di acara ini, dihadirkan pula Mark Galer, seorang fotografer, educator yang juga Sony Ambassador Australia, ikut berbagi pengalamannya mengunakan A7R IV.

"Meskipun A7R IV resolusinya bertambah, kualitas ISO dalam hal ISO tinggi, rentang dinamis tetap bagus tanpa kompromi. Dengan 61 MP, saya bisa meng-cropping foto dengan lebih leluasa, misalnya yang orientasinya portrait jadi landscape atau sebaliknya," ujarnya.

APS-C Mode (1.5X crop) masih menyisakan 26.2 MP, termasuk resolusi yang termasuk tinggi. Saat mode ini aktif, buffer memory (nafas) kamera lebih panjang lagi, yaitu dapat menampung 350 foto berjenis RAW - Compressed. Salah satu keuntungan lain adalah di APS-C mode, titik-titik fokus mencakupi keseluruhan bidang gambar.

"Yang saya suka adalah sistem autofokus-nya yang cepat dan pintar. Jika tiba-tiba ada halangan atau wajah tertutup, sistem autofokus akan tetap bertahan di jarak awal, tidak cepat terpengaruh dan fokus ke bagian tekstur yang terdekat," sambungnya.

Pengalaman serupa disampaikan Bryan Foong, fotografer asal Singapura yang telah mencoba Sony RX100 VII. Menurutnya, kamera ini memiliki berbagai kelebihan yang ia sukai. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar